Gaspol!! Official

Tahun Ini, Honda Berkompetisi di Enam Ajang Balap Mobil Dunia

GARDUOTO – Honda Motor Co., Ltd. melalui Honda Racing Corporation (HRC) mengumumkan untuk mempertegas komitmennya dengan berpartisipasi berbagai ajang olahraga balap mobil dunia di tahun 2024.

Untuk olahraga balap mobil (roda empat), Honda akan melanjutkan partisipasinya di kejuaraan dunia Formula 1 (F1), IndyCar Series, IMSA, TCR Series, Super Formula dan Super GT di Jepang.

Pada kejuaraan F1, musim ini Honda melanjutkan kemitraannya dengan memberikan dukungan teknis kepada tim Oracle Red Bull Racing dan tim Scuderia AlphaTauri melalui HRC.

HRC memproduksi komponen unit daya untuk Red Bull Powertrains (RBPT) sepanjang musim. Dimana pada musim 2023 lalu, tim Oracle Red Bull Racing meraih gelar Konstruktor dan Pembalap dengan meraih total 21 kemenangan. Tahun ini juga merupakan peringatan 60 tahun keikutsertaan Honda di ajang balap F1.

Di Amerika Utara, Honda Performance Development (HPD), yang bertanggung jawab atas kegiatan balap Honda di wilayah tersebut telah berganti nama menjadi Honda Racing Corporation USA (HRC-US) mulai Januari ini.

Penyatuan antara HPD dan HRC tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengembangan motorsport otomotif Honda secara global.

Pada tahun ini, Honda juga akan menyediakan mesin kepada lima tim yang berkompetisi dalam ajang IndyCar Series. Pada tahun 2023, Alex Palou dari tim Chip Ganassi Racing berhasil meraih gelar juara dunia untuk kategori pembalap.

Selain itu, Honda juga akan kembali berpartisipasi di ajang balap International Motor Sports Association (IMSA) dengan menampilkan merek HRC untuk pertama kalinya. Honda akan kembali mengandalkan Acura tipe ARX-06 di ajang tersebut setelah pertama kali digunakan pada 2023.

Di Jepang sendiri, Honda akan berpartisipasi di ajang balap Super GT dengan menggunakan mobil balap baru yang paling mereka andalkan yaitu Honda Civic Type R-GT.

Kemudian di ajang balap Super Formula, Honda juga akan kembali berpartisipasi dengan menyediakan mesin balap Honda untuk enam tim serta memperkenalkan pembalap baru yaitu Ayumu Iwasa yang sebelumnya membalap di kejuaraan dunia FIA Formula 2 pada 2023. (GO/Gie)

Sources:

https://www.garduoto.com/32667/tahun-ini-honda-berkompetisi-di-enam-ajang-balap-mobil-dunia/