Gaspol!! Official

Ketua Umum IMI Bamsoet Apresiasi Keberhasilan Sean Gelael Juarai Balap Mobil Ketahanan FIA WEC di Imola Italia

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi keberhasilan Sean Gelael bersama Darren Leung dan Augusto Farfus dari tim WRT 31 memenangkan balap mobil ketahanan 6 jam FIA World Enduro Championship, di Sirkuit Imola, Italia, Minggu (21/4/2024). Tim WRT 31 berhasil mengatasi segala kendala untuk menjadi pemenang pada putaran kedua FIA WEC di Sirkuit Imola, Italia.

“Sean Gelael bersama Tim WRT 31 kembali menunjukan kepiawaian dengan memenangi dalam lomba balap mobil ketahanan 6 jam FIA World Enduro Championship, di Sirkuit Imola, Italia. Sean berhasil mempertahankan prestasi dengan terus naik podium dalam lomba balap mobil ketahanan. Termasuk mengalahkan legenda balap Valentino Rossi yang tergabung dalam tim WRT 46,” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (22/4/24).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, Leung mendapat kesempatan turun pertama dengan mobil BMW M4 GT3. Start dari posisi empat Leung memanfaatkan insiden kecil saat start untuk kemudian naik satu posisi ke posisi tiga di kelas LMGT3. Berbekal kepercayaan diri Leung bertahan lama di posisi tiga, sebelum disusul oleh Francois Heriau (AF Corse 55/Ferrari). Leung kemudian menyerahkan kendali lomba WRT 31 ke Sean dari posisi empat.

“Saat Sean di balik kemudi WRT 31 sempat kembali lagi ke posisi tiga. Pertarungan sengit terjadi antara Sean dan Valentino Rossi yang berada di posisi kedua menggunakan mobil bernomor WRT 46. WRT 46 saat itu unggul lebih dari 20 detik atas WRT 31. Namun, berkat kepiawaian Sean berhasil memangkas selisih waktu menjadi 5 detik dengan posisi WRT 31 berada di posisi ketiga,” kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini menerangkan, Farfus sebagai pembalap terakhir WRT 31 menuntaskan perjuangan Leung dan Sean. Farfus menempel terus andalan WRT 46, Maxime Martin, dan kemudian menyusulnya pada satu jam menjelang finis.

Menariknya, saat itu posisi lomba bukan lagi berebut posisi kedua melainkan posisi pertama. Karena tim Manthey PureRxcing 92 yang ada di posisi pertama tiba-tiba mengubah strategi dan masuk pit justru ketika masuk bagian akhir salah satu periode Full Course Yellow (FCY). Tentu saja, itu menguntungkan bagi Team WRT 31.

“Farfus yang sebagian balapannya diwarnai hujan, secara mantap bertahan di posisi pertama hingga finis. WRT 46 menyusul di posisi kedua diikuti Manthey PureRxcing di posisi ketiga. Kita harapkan Sean Gelael kembali berhasil meraih podium pertama pada putaran ketiga FIA WEC di Belgia, tanggal 11 Mei 2024 mendatang,” pungkas Bamsoet. (*)