Gaspol!! Official

Bamsoet Apresiasi Keberhasilan Sean Gelael Juarai Balapan Ketahanan 24H Dubai 2024 di Dubai Autodrome Circuit

PURBALINGGA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi keberhasilan Sean Gelael bersama tim Century Motorsport #14 memenangkan balapan ketahanan 24H Dubai 2024. Sean Gelael menjadi ujung tombak utama tim Century Motorsport #14 saat berlaga di Dubai Autodrome Circuit, Minggu (28/1/24).

“Satu prestasi kembali ditorehkan Sean Gelael bersama tim dengan menjuarai balapan ketahanan 24H Dubai 2024. Hal tersebut sekaligus membuktikan kepiawaian Sean Gelael dalam ajang balapan ketahanan tidak perlu diragukan. Dalam beberapa seri balapan ketahanan di tahun sebelumnya, Sean dan tim juga mampu keluar sebagai pemenang,” ujar Bamsoet di Purbalingga Jawa Tengah, Senin (29/1/24).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, diawal balapan tim Century Motorsport #14 yang turun di kelas GT3 AM start dari posisi ketiga, dengan pengemudi Darren Leung. Pembalap Inggris ini menyelesaikan tugasnya dengan menyerahkan kendali kepada rekan senegaranya, Christopher Salkeld, turun di posisi kelima.

Setelah itu terjadi gonta-ganti pembalap diantara Darren Leung, Christopher Salkeld, Michael Johsnston dan Sean Gelael. Sean tampil setelah balapan menyentuh tujuh jam atau berbarengan dengan tradisi kembang api setiap 24H Dubai digelar tepat pukul 20.00 waktu setempat. Saat itu tim Century Motorsport #14 berada di posisi keempat.

“Dalam perjalanan, posisi lomba membaik hingga tim Century Motorsport #14 bisa naik ke posisi kedua. Menariknya, itu terjadi dua kali dalam kondisi berbeda. Pertama tim Century Motorsport #14 berada di posisi kedua di bawah mobil nomor 85. Setelah mobil 85 yang dikendarai Darren Law bermasalah, Century Motorsport #14 naik ke posisi pertama,” kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini memaparkan, akibat timing yang tidak tepat dalam melakukan pit stop karena ada Code-60 atau tanda lomba dinetralisir menyusul sebuah insiden, Century Motorsport #14 kembali ke posisi kedua di bawah mobil tim Sainteloc Junior nomor 26.

“Saat itulah peran besar Sean terlihat. Ketika berada di posisi kedua dan tertinggal 1 lap dari mobil nomor 26, Sean berhasil menyusul mobil nomor 26 di atas trek untuk kemudian berstatus on the same lap atau tidak tersusul 1 lap lagi,” urai Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menambahkan, melihat kecepatan yang dimiliki Sean, tim Century Motorsport #14 mengubah taktik. Sean yang tadinya harus beristirahat dipaksa untuk kembali berada di trek. Tujuannya adalah memangkas jarak dan kemudian menyusul mobil nomor 26 sehingga Century Motorsport #14 berhasil kembali berada di posisi pertama.

”Setelah berada di posisi pertama, selisih jarak dengan mobil 26 terus membesar. Sampai akhirnya, karena beragam kondisi saat lomba, tim Century Motorsport #14 unggul lebih dari 2 lap dari tim Sainteloc Junior 26. Posisi pertama terus dipertahankan tim Century Motorsport #14 hingga finish. Kita harapkan Sean kembali memenangkan balapan berikutnya, Asian Le Mans Series di Dubai Autodrome yang akan digelar hari Minggu tanggal 4 Februari 2024 nanti,” pungkas Bamsoet. (*)