Gaspol!! Official

Yamaha Motor Europe Resmikan Line-up Tim Balap WorldSBK 2024

NaikMotor – Yamaha Motor Europe telah resmi memperkenalkan line-upnya untuk FIM Superbike World Championship 2024, Yamaha akan mendominasi di musim 2024.

Seiringan dengan menuju ke pembukaan musim di Phillip Island. Empat juara dunia akan berkompetisi dengan sepeda motor terkemuka Yamaha R1 di WorldSBK pada tahun 2024. Serta enam pembalap kuat dari empat tim berpengalaman akan ada di garis start, membawa nama pabrikan garpu tala itu.

Tim Resmi Pata Prometeon Yamaha WorldSBK sekali lagi akan memimpin tim pabrikan Yamaha, tetapi dengan wajah baru, yakni juara dunia enam kali Jonathan Rea. Andrea Dosol selaku Yamaha Europe Motosport R&D dan Road Racing Manager, menyampaikan kegembiraannya dalam menyambut acara peresmian itu.

“Ekspektasi kami tinggi menjelang musim baru dengan susunan pembalap yang kuat termasuk empat juara dunia, satu juara nasional, dan satu peraih podium Grand Prix. Statistik karir Jonathan menceritakan kisahnya, dia adalah pebalap tersukses dalam sejarah WorldSBK dan kami sangat senang dia akan naik R1 tahun ini bersama Andrea.”

Sebagai pebalap tersukses dalam sejarah WorldSBK, Rea bergabung dengan Yamaha dengan keinginan untuk menambah jumlah kemenangannya. Yang terhitung dengan totalan mengesankan yaitu 119 kemenangan dan 263 podium.

Pebalap Irlandia Utara berusia 36 tahun ini tidak membuang waktu untuk membiasakan diri dengan R1. Dalam pengujian pramusim dan merasa percaya diri menjelang pertandingan pramusim terakhir untuk tim di Autódromo Internacional do Algarve, Portimão pada (29-30/1).

Bersama dengan Rea adalah juara World Supersport 2020 Andrea Locatelli. Menuju musim keempatnya bersama Pata Prometeon Yamaha. Pebalap Italia berusia 27 tahun, membangun musim 2023 dengan mencetak perolehan poin tertinggi hingga saat ini di kelas WorldSBK. Meraih delapan podium dalam perjalanan ke posisi keempat di kejuaraan.

Menjelang tes terakhir Eropa di Portimão, Yamaha R1 andalan telah resmi diperkenalkan. Rea dan Locatelli akan berkampanye pada tahun 2024. Pata Snack tetap menjadi sponsor utama skuad resmi WorldSBK Yamaha untuk musim kesembilan berturut-turut.

Logo khas mereka juga ditampilkan secara mencolok, kemitraan Pata dengan Yamaha mencakup semua kelas di WorldSBK. produsen makanan ringan asal Italia tersebut juga menjadi sponsor utama Tim Ten Kate Yamaha di WorldSSP dan tim AG Motorsport Italia Yamaha di WorldSSP300.

Untuk musim kedua berturut-turut, bukan hanya Pata Prometeon Yamaha yang membanggakan juara dunia. Skuad GYTR GRT Yamaha juga mempertahankan para jasa dari Dominique Aegerter dan Remy Gardner untuk musim 2024.

Setelah mendominasi Kejuaraan Dunia Supersport pada tahun 2021 dan 2022, Aegerter naik ke WorldSBK bersama GYTR GRT Yamaha untuk musim 2023. Dia langsung tampil mengesankan, lolos di barisan depan untuk balapan pertamanya di Phillip Island.

Pebalap asal Swiss itu terus menunjukkan potensinya sepanjang tahun, dengan puncaknya dua kali naik podium pada putaran final di Jerez. Disisi lain banyak hal yang harus dipelajari oleh juara dunia Moto2 2021, Remy Gardner. Sesaat ia pindah ke WorldSBK dari paddock Grand Prix, tetapi pembalap Australia itu menikmati tantangan musim pertamanya di superbike.

Berkembang seiring berjalannya waktu untuk menjadi penantang reguler enam besar. Podium WorldSBK pertama dalam karirnya menjadi agenda utama bagi pembalap berusia 25 tahun ini. GYTR GRT Yamaha akan memperkenalkan R1 2024 mereka pada pembukaan resmi GRT Yamaha GYTR PRO SHOP baru di Sirkuit Misano pada (5/2/24).

“Terima kasih kepada para pebalap dan tim kami atas upaya mereka sejauh ini dan saya mendoakan yang terbaik untuk mereka di musim 2024,” Tutur Andrea Dosol. (Alvito/Contrib/NM)

Sources:

https://www.naikmotor.com/237112/yamaha-motor-europe-resmikan-line-up-tim-balap-worldsbk-2024/