Gaspol!! Official

Vespa World Days 2024 Dihelat di Negara Asal Vespa

GARDUOTO – Penyelenggaraan acara tahunan Vespa World Days 2024, Untuk pertama kalinya akan berlangsung di Pontedera, kota asal sekaligus lokasi fasilitas manufaktur Vespa sejak 1946. Acara ini akan menjadi salah satu yang termegah dalam 70 tahun sejarah parade yang pertama kali berlangsung pada 1954 di Paris.

Para penggemar akan datang dari berbagai negara, mewakili ribuan Vespa Club. Sekitar 660 klub berasal dari Italia saja, sedangkan partisipan lainnya berasal dari Australia, Kanada, Jepang, Amerika Serikat, Arab Saudi, Vietnam, Filipina, Tiongkok, Pakistan, Argentina, Cile, Kolombia, Ekuador, Hongkong, Indonesia, Kuwait, Maroko, dan seluruh negara di Eropa.

Sebanyak 8.000 lebih tiket yang tersedia untuk parade pada Sabtu (20/4/2024), acara paling spektakuler dari rangkaian ini, yang akan melewati berbagai tempat terindah di Valdera, terjual habis dalam sekejap.

Parade ini menjanjikan pemandangan luar biasa yang membentang sepanjang lebih dari 10 kilometer, di mana unit-unit Vespa yang telah terdaftar akan bergabung dengan ribuan Vespa lainnya, yang banyak di antaranya sudah dalam perjalanan ke Tuscany.

Lebih lanjut, selama Vespa World Days, Piaggio Museum di Pontedera akan merayakan 140 tahun Piaggio yang berdiri pada 1884 dengan pameran akbar bertajuk “Vespa all over the World” yang dipenuhi material orisinal spektakuler dari Piaggio Historical Archive.

Pameran ini akan menyajikan kisah Vespa dalam menjangkau berbagai penjuru dunia, termasuk sejarah awal dari terkenalnya Vespa di dunia internasional di akhir 1940-an hingga 1960-an.

Lewat rekonstruksi jalur perakitan global, serta dukungan para kolektor yang meminjamkan model-model orisinal yang sangat langka yang diproduksi dan dipasarkan di seluruh dunia.

Setiap objek yang dipamerkan menceritakan kisah dari ribuan jalan yang dilalui Vespa yang dirakit dan dijual di setiap benua begitu ia berdiri, sekaligus mendahului globalisasi dalam beberapa dekade.

Area auditorium pada museum ini juga akan menjadi tempat Meet & Greet bagi para penggemar Vespa untuk menyimak sejarah dan asal-usul Vespa langsung dari pihak-pihak yang berperan dalam mendesain dan memproduksi ikon global ini.

Pabrik Piaggio yang modern juga akan dibuka untuk umum pada Sabtu, 20 April, dan Minggu, 21 April, dengan tak kurang dari 128 tur khusus menggunakan kereta listrik yang nyaman tersedia bagi para penggemar Vespa yang telah mendaftar pada kegiatan ini.

Selama empat hari berlangsungnya acara, Vespa Village di Piazza del Mercato di Pontedera akan menjadi pusat dari seluruh aktivitas. Di sini, para pengunjung dapat menemukan area kuliner serta berbagai ekshibisi.

Termasuk pameran resmi Vespa yang memamerkan seluruh jajaran produk dan toko merchandise. Vespa Village turut menyediakan area khusus untuk dukungan teknis dan toko suku cadang resmi.

Selain itu, akan ada juga test ride serta penyerahan 250 sertifikat keaslian edisi terbatas untuk acara ini. Tak lupa, turut berlangsung Concorso di Eleganza pada Sabtu, 20 April.

Sementara itu, pada Minggu, 21 April, Vespa Village juga akan menyerahkan hadiah bagi para pemenang Vespa Trophy. Dimana para anggota Vespa Club ditantang untuk bertanding dalam mengabadikan semua tahapan perjalanan mereka ke Pontedera dengan foto dan perangko khusus yang disusun di dalam Travel Book.

Selama rangkaian acara berlangsung, Vespa Boutique juga akan buka di Piazza Martiri della Libertà di pusat kota yang menjual lini pakaian baru nan eksklusif dari Vespa capsule collection.

Akan ada juga tiga dari ratusan film yang melibatkan Vespa yang akan tayang terus-menerus, yakni film Disney-Pixar Luca, Roman Holiday yang legendaris, dan drama TV Enrico Piaggio, an Italian dream. (GO/Gie)

Source: https://www.garduoto.com/33558/vespa-world-days-2024-dihelat-di-negara-asal-vespa/