Gaspol!! Official

Rio SB dan Aldio Oekon Sukses Raih Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia

GARDUOTO – Putaran ketiga Porsche Sprint Challenge Indonesia memberikan banyak keseruan dan persaingan yang menegangkan antar para pembalap pada balapan Sprint dan balapan Endurance.

Babak final musim pertama Porsche One-Make Series mempertemukan dua juara baru, Rio Saputra Budiharjo merebut gelar Sprint untuk Rizqy Motorsport dan Achmad Aldio Oekon memenangkan kejuaraan Endurance untuk Citadel Racing.

Pertarungan dimulai pada Jumat (26/1/2024) dengan Sesi Latihan dan para pembalap serta tim sangat fokus untuk menyiapkan mobil Porsche 911 GT3 Cup mereka sesempurna mungkin untuk Sesi Kualifikasi pada hari Sabtu (27/1/2024).

Rio Saputra Budiharjo dari Rizqy Motorsport meraih P1 pada Kualifikasi Sprint Race dengan catatan waktu 1:34.513, sedangkan Ahmad Fadillah Alam dari Apriwa Motorsport berada di P2 hanya 0,249 detik di belakang.

Aldio Oekon lolos ke posisi ketiga. Untuk Endurance Qualifying, penantang juara Rio SB dan Ahmad Fadil Alam tidak berhasil mencatatkan waktu tiga besar dan masing-masing berada di P6 dan P7.

Aldio Oekon memanfaatkan kesempatannya dan kembali meraih pole position pada balapan akhir pekan, dengan Merah Putih Racing di P2 dan pembalap PRO-AM Luckas Dwinanda (Engine Plus) di posisi ketiga.

Sprint Race yang diadakan selama 25 menit plus satu lap merupakan pertarungan sengit untuk memperebutkan gelar juara dan hal itu terlihat, karena Rio SB (Rizqy Motorsport) dan Ahmad F. Alam (Apriwa Motorsport) berada di liga mereka sendiri setelah balapan dimulai.

Sementara Aldio Oekon menetap di posisi ketiga, Luckas Dwinanda (Engine Plus) dan Hendrik Jaya Soewatdy (Merah Putih Racing) saling berebut posisi keempat.

Budiyanto S (JVS MS Glow Racing) mendekati pasangan tersebut jelang akhir balapan, sedangkan Ahmad Sahroni dan Febby Sagita finis di P7 dan P8.

Rio SB terlebih dahulu melintasi garis finis, karena Ahmad F. Alam memutar mobilnya di tikungan 17 dan selanjutnya tidak mampu menyelesaikan balapan. Pembalap PRO-AM terbaik diraih Luckas Dwinanda, sedangkan Hendrik Jaya Soewatdy meraih P1 di kelas AM.

“Balapan yang sulit karena saya terus-menerus mendapat tekanan dari Ahmad Fadil Alam. Pada akhirnya, saya bisa mempertahankan posisi terdepan, sementara Fadil sayangnya tidak bisa finis,” kata Rio Saputra Budiharjo.

Pada Endurance Race di Minggu (28/1/2024) yang diadakan selama 45 menit ditambah satu putaran mobil bernomor 45 dari Citadel Racing Team dengan pembalap Aldio Oekon jelas difavoritkan untuk menang, karena ia memimpin klasemen.

Sejak awal, Aldio menunjukkan tekadnya untuk memenangkan perlombaan dan kejuaraan, sementara lawan utamanya dalam perebutan gelar terpaksa bangkit dari belakang.

Start dari P2, mobil bernomor 11 (Merah Putih Racing) yang dikendarai John Kwon mampu mengimbangi pimpinan klasemen disusul Luckas Dwinanda (Engine Plus).

Usai pit stop, para pebalap masih memiliki semangat bersaing untuk memperebutkan posisi, dengan tim Apriwa Motorsport berhasil menempati posisi ketiga. Aldio Oekon tetap tenang sepanjang balapan dan meraih P1 dan memenangkan kejuaraan Endurance. (GO/Gie)

Berikut adalah daftar pemenang Porsche Sprint Challenge Indonesia Sprint Race dan Endurance Race Putaran Ketiga.

Sprint Race

1. Rio Saputra Budiharjo

(Rizqy Motorsport: 27:10.185)

2. Aldio Oekon

(Citadel Racing Team : +2.470)

3. Hendrik Jaya Soewatdy

(Merah Putih Racing: +52.686)

4. Luckas Dwinanda

(Engine Plus: +1:30.499)

5. Budiyanto S

(JVS MS Glow Racing: +1:31.671)

6. Ahmad Sahroni

(ASC Monster: +1:33.347)

7. Febby Sagita

(Sillo Maritime Perdana 78 Racing: +1 putaran)

Endurance Race

1. Aldio Oekon

(Citadel Racing Team: 40:38.458)

2. Rudi Setia Laksana/Ahmad Fadillah Alam

(Apriwa Motorsport: +4.104)

3. Hendrik Jaya Soewatdy/John Kwon

(Merah Putih Racing: +21.188)

4. Luckas Dwinanda

(Engine Plus: +58.352)

5. Rio SB/Dicko PW

(Rizqy Motorsport: +1:19.401)

6. Budiyanto S.

(JVS MS Glow Racing: +1:29.475)

7. Ahmad Sahroni/Reindy Riupassa

(ASC Monster: +1 putaran)

8. Febby Sagita

(Sillo Maritime Perdana 78 Racing: +1 p)

Sources:

https://www.garduoto.com/32702/rio-sb-dan-aldio-oekon-sukses-raih-gelar-porsche-sprint-challenge-indonesia/