Gaspol!! Official

Penyebab Vinales Terjatuh di MotoGP 2024 Portugal Saat Nyaris Podium

NaikMotor – Pemenang Sprint Race MotoGP 2024 Portugal, Maverick Vinales justru terjatuh di Race Utama. Vinales menyebut ada masalah yang mirip di Jerez 2023.

Pembalap Aprilia, Vinales tengah posisi podium di balapan utama MotoGP 2024 Portugal. Sebelumnya, Vinales meraih posisi teratas di Sprint Race dan tercepat di FP2.

Tetapi balapan Minggu itu (24/3/2024) di Portimao, Vinales justru apes saat di posisi kedua untuk meraih podium. Aprilia RS-GP tunggangannya tetiba ngadat di 2 lap tersisa.

Vinales mengalami masalah transmisi ketika di trek lurus menanjak di Portimao. “Saat saya berada di jalur lurus di bagian menanjak, saya mencoba menggunakan gigi keenam , tetapi tidak berhasil. Sebaliknya, sepeda motor tiba-tiba berhenti,” kesalnya Vinales.

“Hal ini menyebabkan mesin berputar melampaui rev limiter. Saya kemudian menjulurkan kaki saya untuk menunjukkan kepada Bastianini bahwa saya punya masalah dengan sepeda motor saya,”

“Kemudian saya mencoba lagi untuk menggunakan gigi keenam. Nantinya saya ingin pindah ke gigi dua. Dan saat saya injak gas, gigi tiba-tiba masuk dan saya langsung terjatuh,” jelas Vinales mengapa terjatuh di Race di Portugal itu.

“Memang hal seperti bisa terjadi, saya sampai menekan tuas perseneling 5 kali agar bisa masuk. Namun setiap putaran saya jadi kehilangan sekitar 0,2 detik di lintasan lurus dan harus menyusul lagi untuk menutupinya,” urai Vinales.

“Masalahnya mirip dengan yang terjadi di Jerez pada tahun 2023. Setidaknya terasa serupa pada motornya, tapi saya tidak tahu apakah sama secara mekanis. Saya pikir istirahat tiga minggu ini sangat bagus bagi tim teknis untuk melihat data,” pungkasnya. (Afid/nm)

Source: https://www.naikmotor.com/239998/penyebab-vinales-terjatuh-di-motogp-2024-portugal-saat-nyaris-podium/