Gaspol!! Official

Mesin Rutin Dirawat Tapi Masih Boros Coba Cek Busi, Siapa Tahu Keramiknya Retak

NaikMotor – Mesin sudah dirawat rutin tetapi masih boros bahan bakar bisa karena faktor busi. Berikut mengapa jika mesin boros harus cek juga busi.

Peran busi memercikkan api untuk pembakaran kabut udara dan bensin agar menghasilkan daya. Tetapi bisa saja busi tidak maksimal memercikkan api karena kebocoran listrik pada keramiknya. Sehingga mesin tidak bekerja dengan optimal, bahkan boros bahan bakar dan kerak karbon menjadi menumpuk di ruang bakar.

Salah satu penyebab busi tidak optimal kinerjanya karena keramik busi retak. Seperti yang dijabarkan oleh Diko Oktaviano, Aftermarket Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia (NMI), produsen busi NGK

“Retakan pada keramik busi ini bisa mengakibatkan kebocoran listrik pada busi. Kebocoran listrik busi akan berefek kepada masalah teknis seperti ruang bakar akan menjadi lebih mudah kotor karena tidak lancarnya aliran listrik pada busi. Efek lain akibat keramik retak secara Jangka panjang adalah mesin terasa berat dan boros sehingga busi cepat aus dan susah menyala hingga mati,” jelasnya lugas.

Diko menyarankan, “Jika sudah melihat busi retak pada kendaraan kita, segera ganti dengan busi yang baru agar performa kendaraan tetap maksimal dan menjaga keamanan kita dalam berkendara.”

Sementara penyebab retaknya keramik busi menurut Diko, “Keramik busi yang retak bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti handling yang tidak tepat yaitu busi beradu dengan material yang lebih keras / terjatuh dari tempat yang cukup tinggi. Hal lain yang menyebabkan busi retak dan paling sering terjadi akibat dari proses pemasangan busi dengan kunci busi yang tidak tepat.” (Rls/NM)

Source: https://www.naikmotor.com/240325/mesin-boros-cek-busi-siapa-tahu-keramiknya-retak/