Gaspol!! Official

Jenderal Penggila Otomotif itu Telah Tiada, Selamat Jalan Pak Soeyono,

NaikMotor – Kabar duka datang pagi ini, Rabu (31/1/2024), Letjen TNI (Purn) R Soeyono Soetikno meninggal dunia pk.02.38 di RS Eka Hospital Cibubur. Selamat jalan Pak Soeyono….

Letjen TNI (Purn) Soeyono dikenal sebagai sosok automotive enthusiast yang menyukai mobil dan motor klasik hingga memiliki galeri. Selain itu, almarhum pernah dipervaya menjabat Ketua Umum HDCI dan Volkswagen Indonesia serta penasehat PPMKI hingga beberapa organisasi hobi lainnya termasuk IMBI.

Letjen TNI (Purn) R. Soeyono Soetikno lahir pada 13 Maret 1943 di Malang yang merupakan alumni Akademi Militer Nasional (AMN), Magelang tahun 1965. Mantan Ajudan Presiden Soeharto ini pernah menjabat Pangdam IV Diponegoro, Kepala Staf Umum TNI hingga terakhir Sekjen Dephankam.

Pak Soeyono dikenal dekat dengan dunia otomotif di saat berdinas termasuk ketika Presiden Soeharto mencoba motor Harley-Davidson.Ia pun mulai mengoleksi kendaraan klasik terutama saat bertugas sebagai Pangdam. Hobinya akan dunia otomotif makin menjadi dengan sering aktif hadir di acara komunitas hingga pameran.

Tidak heran bila ia sempat didapuk menjadi Ketua Umum HDCI Pusat pada 2006 -2011 serta memimpin organisasi Volkswagen Indonesia selain penasehat PPMKI. Hobinya tidak sekadar motor dan mobil klasik, namun hingga sepeda onthel serta mengumpulkan diecast kendaraan. Penulis sempat berkunjung ke kediamannya di Kawasan Dago Bandung melihat beberapa koleksi diecast-nya.

Almarhum juga mendirikan Galeri Seni Soeyono di kawasan Lembang Bandung untuk mengumpulkan beberapa kendaraan miliknya dari mulai Ford, Jaguar, Mercedes dan VW. Sedangkan untuk motor, dari jenis H-D, Indian, Ural hingga beberapa motor klasik lainnya. Pak Soeyono sangat akrab dengan punggawa Kelpie, almarhum Sigit Hestu Utom dan Sigit Heru Murti yang aktif mengadakan pameran otomotif di era 1990-2000-an.Selain itu, ia dikenal dekat dengan beberapa klub motor klasik seperti MACI dan Bikers Brotherhood 1%MC.

Meski usianya sudaj tidak muda, namun hasratnya untuk melihat perkembangan dunia otomotif tetap tinggi, salah satunya dengan mengunjungi event BBQ Ride tahun lalu.

Almarhum akan  disemayamkan di rumah duka RSPAD dan siang ini akan dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta. Selamat jalan Pak Seoyono..(Arif/nm)

Sources:

https://www.naikmotor.com/237301/jenderal-penggila-otomotif-itu-telah-tiada-selamat-jalan-pak-soeyono/