Jakarta – Kawasaki dikabarkan sedang berusaha menghidupkan kembali mesin 2-tak generasi baru. Mesin dua langkah pembakaran ini disebut-sebut bakal lebih ramah lingkungan dan lebih efisien bahan bakar.
Bocoran dokumen paten mesin 2-tak generasi baru Kawasaki diunggah oleh website Motorrad. Dalam dokumen tersebut tampak gambar sketsa mesin 2-tak Kawasaki terbaru yang menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi dan intake valve yang dioperasikan oleh camshaft dan turbo.
Pada intinya, Kawasaki ingin mencoba memasukkan teknologi injeksi ke mesin 2-tak menggantikan teknologi karburator yang jadul. Lebih dari itu, Kawasaki juga memasukkan teknologi turbocharger.
Dengan arsitektur baru tersebut, diharapkan mesin menjadi efisien bahan bakar, sambil tetap mempertahankan keunggulan mesin 2-tak dibandingkan mesin 4-tak, yaitu mesin yang dikenal ringan dan sederhana, juga biaya produksi yang lebih murah.
Apakah mesin 2-tak ini akan disematkan ke produk motor mereka? Kemungkinannya kecil. Lebih masuk akal jika Kawasaki menggunakan mesin ini buat pesawat terbang. Inti dari mesin 2-tak baru ini adalah untuk menghasilkan torsi yang konstan, sehingga tidak cocok untuk torsi yang terus berubah pada mesin sepeda motor.
Saat ini penggunaan mesin 2-tak pada motor-motor produksi massal bisa dikatakan hampir tidak ada. Kalaupun ada, mesin 2-tak untuk motor biasanya digunakan untuk motor offroad atau motorcross. Sebab motorcross biasanya hanya digunakan untuk kegiatan terabasan di jalanan offroad.
Beberapa model motor 2-tak jenis trail yang masih eksis dijual hingga saat ini adalah Yamaha YZ125X dan YZ250X, Kawasaki KX112, dan juga motor-motor trail besutan KTM. (lua/rgr)
Source: detikoto